"Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H" ". Blog ini berisi materi berkaitan dengan Kurikulum 2013. Jika Anda punya artikel yang berguna bagi kita, Anda bisa posting sendiri atau kirim artikel ke email forgupk2013@gmail.com

Selasa, 22 Oktober 2013

Tujuan Umum dan Tujuan Khusus



Secara umum Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk menjamin terlaksananya Implementasi Kurikulum 2013 secara efektif dan efisien di sekolah.
1.         Tujuan khusus
Secara khusus pendampingan memiliki tujuan sebagai berikut.
a.        Memberikan fasilitasi dalam implementasi Kurikulum 2013 pada satuan pendidikan;
b.        Memberikan bantuan konsultasi, pemodelan (modeling), dan pelatihan personal dan spesifik (coaching) untuk hal-hal spesifik dalam implementasi Kurikulum 2013 secara tatap muka dan online;
c.         Membantu memberikan solusi kontekstual dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat implementasi Kurikulum 2013 di sekolah masing-masing.
d.        Membangun budaya mutu sekolah melalui penerapan kurikulum secara inovatif, kontekstual, dan  berkelanjutan.


A.       Hasil yang Diharapkan
Pada akhir program pendampingan, peserta diharapkan dapat menerapkan Kurikulum 2013 sesuai konsep pengelolaan pembelajaran yang diamanatkan dalam Kurikulum 2013  pada jenjang dan satuan pendidikan sebagai berikut.
1.         Tersosialisasikannya Kurikulum 2013 kepada seluruh warga sekolah, mulai dari: rasional, elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL,KI dan KD dengan berbagai pendekatan sampai dengan strategi implementasi Kurikulum 2013.
2.         Terlaksananya Kurikulum 2013 sesuai dengan filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan prosedur yang tercakup dalam elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD.
3.         Tersusunnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan karakteristik dan tuntutan Kurikulum 2013
4.         Terlaksananya budaya pembelajaran dengan pendekatan dan strategi pembelajaran inovatif sebagaimana dituntut oleh Kurikulum 2013
5.         Terlaksananya pendekatan dan strategi penilaian otentik sebagaimana dipersyaratkan oleh Kurikulum 2013.

Tidak ada komentar: