Secara
umum Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 dimaksudkan
untuk menjamin terlaksananya Implementasi Kurikulum
2013 secara efektif dan efisien di sekolah.
1.
Tujuan
khusus
Secara
khusus pendampingan memiliki tujuan sebagai berikut.
a.
Memberikan fasilitasi dalam implementasi Kurikulum
2013 pada satuan pendidikan;
b.
Memberikan bantuan konsultasi, pemodelan (modeling), dan pelatihan personal dan spesifik (coaching) untuk hal-hal spesifik dalam
implementasi Kurikulum 2013 secara tatap muka dan online;
c.
Membantu memberikan solusi kontekstual dalam
menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat implementasi Kurikulum 2013 di
sekolah masing-masing.
d.
Membangun budaya mutu sekolah melalui penerapan kurikulum
secara inovatif, kontekstual, dan
berkelanjutan.
A. Hasil yang Diharapkan
Pada akhir program pendampingan, peserta diharapkan dapat menerapkan Kurikulum
2013 sesuai konsep pengelolaan pembelajaran yang diamanatkan dalam Kurikulum
2013 pada jenjang dan satuan pendidikan sebagai berikut.
1.
Tersosialisasikannya Kurikulum 2013 kepada seluruh
warga sekolah, mulai dari: rasional, elemen perubahan kurikulum berdasarkan
SKL,KI dan KD dengan berbagai pendekatan sampai dengan strategi implementasi Kurikulum
2013.
2.
Terlaksananya Kurikulum 2013 sesuai dengan filosofi,
konsep, kaidah, prinsip, makna, dan prosedur yang tercakup dalam elemen
perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD.
3.
Tersusunnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
berdasarkan karakteristik dan tuntutan Kurikulum 2013
4.
Terlaksananya budaya pembelajaran dengan pendekatan
dan strategi pembelajaran inovatif sebagaimana dituntut oleh Kurikulum 2013
5.
Terlaksananya pendekatan dan strategi penilaian otentik
sebagaimana dipersyaratkan oleh Kurikulum 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar