Guru Pendamping:
·
Ada pada seluruh tahapan pendampingan
·
Persiapan pendampingan:
-
Menyiapkan seluruh dokumen perangkat
pendampingan
·
koordinasi awal:
-
Mengkomunikasikan program pendampingan
di sekolah sasaran
-
Melakukan pertemuan awal yang dihadiri
oleh Kepala Sekolah, Semua Wakil Kepala Sekolah, dan Semua Guru Sasaran
-
Memaparkan overview tujuan, mekanisme,
dokumen dan jadwal pendampingan kepada
kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru sasaran
-
Memaparkan overview pembelajaran
menurut kurikulum 2013
·
Observasi pembelajaran:
-
Melaksanakan pengamatan pembelajaran
secara utuh di kelas guru sasaran
-
Mengisi Format Pendampingan
Pelaksanaan Pembelajaran (Lampiran 4) dan Instrumen Pendampingan Pelaksanaan
Penilaian Pembelajaran (Lampiran 5)
·
Refleksi:
-
Melaksanakan refleksi pembelajaran
bersama guru sasaran
-
Mencatat kesepakatan perbaikan
pembelajaran yang disetujui bersama Guru Sasaran
-
Membimbing guru menyusun rencana
tindak lanjut perbaikan pembelajaran
-
Mengisi Format Pendampingan Pemahaman
Guru Terhadap Proses dan Penilaian Pembelajaran (Lampiran 2)
·
Perbaikan perangkat pembelajaran:
- Membimbing guru sasaran melakukan
perbaikan perangkat pembelajaran
-
Mengisi Instrumen Pendampingan Penguatan Pemahaman Guru terhadap Buku Siswa
dan Buku Guru (Lampiran 1) dan Instrumen Pendampingan Penyusunan RPP (Lampiran
3)
·
Refleksi bersama:
- Melaporkan hasil pendampingan di
sekolah sasaran
-
Berpartisipasi aktif dalam diskusi
terkait pengembangan implementasi kurikulum 2013
·
Pelaporan
- Memeriksa kembali kelengkapan pengisian
semua instrument pendampingan
- Mendaftarkan data guru sasaran
pendampingan ke dalam aplikasi pelaporan hasil pendampingan
- Memasukkan (input) hasil pendampingan ke dalam file excel aplikasi pelaporan
hasil pendampingan
-
Mengunggah (upload) hasil pendampingan ke server
pusat pelaporan hasil pendampingan
Menulis laporan
tertulis hasil pendampingan dengan sistematika yang telah ditentukan

Tidak ada komentar:
Posting Komentar