MatERI PELATIHAN: 5. PENILAIAN PROSES dan HASIL BELAJAR
Alokasi Waktu: 8 JP (@ 45
Menit)
|
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
|
PERSIAPAN
|
Dilakukan dengan
mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer,
atau media pembelajaran lainnnya.
|
|
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator
menjelaskan nama, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan
pembelajaran materi pelatihan Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
Tanya jawab
implementasi penilaian sesuai Kurikulum 2013 di Sekolah
|
25 Menit
|
|
KEGIATAN INTI
|
- Diskusi
kelompok menganalisis intsrumen penilaian sikap, pengetahuan dan
keterampilan menggunakan lembar
kerja yang tersedia
-
Mengidentifikasi permasalahan pada instrumen
penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan berdasarkan
hasil analisis
-
Diskusi mengenai pengembangan penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan sesuai Kurikulum 2013 dan memperbaiki
instrumen penilaian
-
Presentasi dan diskusi hasil kerja kelompok
|
90 menit
120 menit
80 menit
|
|
-
Mengkaji
pedoman pengisian rapor
-
Latihan menentukan nilai akhir dan
deskripsi dari penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan sesuai
Permendikbud dan Pedoman
- Presentasi
dan diskusi hasil
kerja kelompok
|
30 menit
70 menit
|
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Refleksi
dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
Fasilitator menutup pembelajaran
|
35 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar