A. Strategi Pendampingan
1.
Pertemuan
awal, yaitu kegiatan
pengkondisian, penjelasan tujuan, materi pendampingan, agenda kegiatan, serta
informasi lain yang dibutuhkan bagi kelancaran pelaksanaan pendampingan.
2.
Pelaksanaan
observasi lapangan, yaitu
kegiatan pengamatan terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran, media dan alat
bantu pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta pelaksanaan penilaian pembelajaran
yang dilakukan oleh pendamping kepada guru sasaran.
3.
Pembahasan
hasil observasi, yaitu kegiatan
pembahasan hasil observasi lapangan untuk mendiskusikan dan merumuskan
langkah-langkah perbaikan.
4.
Perbaikan
berdasarkan hasil observasi, yaitu
kegiatan perbaikan yang dilakukan Guru Sasaran sebagai tindak tindak lanjut hasil
diskusi pendamping dengan Guru Sasaran.
5.
Penyusunan
laporan, yaitu kegiatan
pendamping menyusun laporan proses dan hasil pendampingan.
B.
Mekanisme
Pendampingan
1.
Persiapan pendampingan
a.
Penyiapan bahan pendukung, seperti silabus, contoh RPP, contoh projek,
contoh penilaian portofolio, contoh rapor, dll.
b.
Instrumen dan petunjuk pengisian, yang terkait dengan pemahaman umum guru
sasaran terhadap :
- Buku teks pelajaran dan buku pedoman guru termasuk
silabus,
- Proses pembelajaran dan penilaian,
- penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran,
- pelaksanaan pembelajaran,
- pelaksanaan penilaian
c.
Profil Guru Sasaran, yang meliptui data tentang nama guru, pangkat dan
golongan, jenis guru dan mata pelajaran yang diampu, serta data lain yang
diperlukan.
2.
Pelaksanaan pendampingan
Pelaksanaan pendampingan dilakukan dalam
bentuk kunjungan, observasi, diskusi klinis, dan perbaikan yang dilakukan oleh Guru
Inti kepada Guru Sasaran.
3.
Pelaporan hasil pendampingan
Laporan hasil kegiatan pendampingan
disusun oleh masing-masing Guru Inti sesuai dengan sistematika yang terdapat
pada lampiran, dan disampaikan kepada direktorat teknis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar