"Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H" ". Blog ini berisi materi berkaitan dengan Kurikulum 2013. Jika Anda punya artikel yang berguna bagi kita, Anda bisa posting sendiri atau kirim artikel ke email forgupk2013@gmail.com

Selasa, 22 Oktober 2013

Strategi dan Mekanisme Pendampingan



A.       Strategi Pendampingan
1.         Pertemuan awal, yaitu kegiatan pengkondisian, penjelasan tujuan, materi pendampingan, agenda kegiatan, serta informasi lain yang dibutuhkan bagi kelancaran pelaksanaan pendampingan.
2.         Pelaksanaan observasi lapangan, yaitu kegiatan pengamatan terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran, media dan alat bantu pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta pelaksanaan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh pendamping kepada guru sasaran.
3.         Pembahasan hasil observasi, yaitu kegiatan pembahasan hasil observasi lapangan untuk mendiskusikan dan merumuskan langkah-langkah perbaikan.
4.         Perbaikan berdasarkan hasil observasi, yaitu kegiatan perbaikan yang dilakukan Guru Sasaran sebagai tindak tindak lanjut hasil diskusi pendamping dengan Guru Sasaran.
5.         Penyusunan laporan, yaitu kegiatan pendamping menyusun laporan proses dan hasil pendampingan.



B.        Mekanisme Pendampingan
1.         Persiapan pendampingan
a.        Penyiapan bahan pendukung, seperti silabus, contoh RPP, contoh projek, contoh penilaian portofolio, contoh rapor, dll.
b.        Instrumen dan petunjuk pengisian, yang terkait dengan pemahaman umum guru sasaran terhadap :
-     Buku teks pelajaran dan buku pedoman guru termasuk silabus,
-     Proses pembelajaran dan penilaian,
-     penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran,
-     pelaksanaan pembelajaran,
-     pelaksanaan penilaian
c.         Profil Guru Sasaran, yang meliptui data tentang nama guru, pangkat dan golongan, jenis guru dan mata pelajaran yang diampu, serta data lain yang diperlukan.
2.         Pelaksanaan pendampingan
Pelaksanaan pendampingan dilakukan dalam bentuk kunjungan, observasi, diskusi klinis, dan perbaikan yang dilakukan oleh Guru Inti kepada Guru Sasaran.
3.         Pelaporan hasil pendampingan
Laporan hasil kegiatan pendampingan disusun oleh masing-masing Guru Inti sesuai dengan sistematika yang terdapat pada lampiran, dan disampaikan kepada direktorat teknis.

Tidak ada komentar: