1.
Materi
Pendampingan
Kegiatan pendampingan implementasi Kurikulum 2013 difokuskan pada
penguatan penerapan Kurikulum 2013 oleh guru dan kepala sekolah di satuan
pendidikannya, yaitu di Kelas I dan Kelas IV SD, Kelas VII SMP, dan Kelas X
SMA/SMK. Materi pendampingan yang dilakukan
Guru Inti terhadap guru sasaran mencakup
pemahaman terhadap:
-
Buku teks pelajaran dan buku pedoman guru,
-
Proses pembelajaran dan penilaian,
-
penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran,
-
pelaksanaan pembelajaran,
-
pelaksanaan penilaian
Secara
rinci materi-materi tersebut adalah sebagai berikut.
a.
Buku teks
pelajaran dan buku pegangan guru, meliputi:
1)
Pemahaman
materi yang tertuang pada buku
2)
Keterkaitan
antara pengetahuan, keterampilan dan sikap
3)
Pemahaman
terhadap sumber-sumber belajar lainnya (buku, lingkungan sekitarnya, surat
kabar/majalah/internet yang relevan dengan materi pembelajaran)
4)
Keterkaitan
antara sumber-sumber belajar dan alat-alat yang dipergunakan
5)
Penekanan
pada high order thinking
(contoh-contoh)
b.
Proses
pembelajaran dan penilaian
1)
Pembelajaran yang menekankan pada
tiga ranah kompetensi melalui pembelajaran pengetahuan untuk mengasah
keterampilan dan membentuk sikap
2)
Pembelajaran berbasis aktivitas
3)
Pembelajaran untuk mengasah
kreativitas
4)
Penilaian proses
5)
Penilaian kompetensi (secara
utuh)
c.
Penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran
1)
Identitas mata
pelajaran/tema
2)
Perumusan
indikator
3)
Perumusan
tujuan pembelajaran
4)
Pemilihan
materi ajar
5)
Pemilihan
sumber belajar
6)
Pemilihan
media belajar
7)
Pemilihan
metode pembelajaran
8)
Pemilihan
strategi pembelajaran
9)
Penilaian
pembelajaran
d.
Pelaksanaan
Pembelajaran, meliputi:
1)
Pendekatan
pembelajaran saintifik:
a)
Mengajak
siswa untuk mengamati
b)
Memotivasi
siswa untuk menanya
c)
Memotiviasi
siswa untuk menalar
d)
Memotivasi
siswa untuk mencoba
e)
Memotivasi
siswa untuk menyimpulkan
2)
Discovery/inquiry
learning
a)
Mengajak
siswa untuk mencari tahu
b)
Mengajak
siswa untuk membuktikan
3)
Pembelajaran
melalui projek
a)
Menyiapkan
projek untuk dikerjakan siswa
b)
Membiasakan
siswa bekerja berkolaborasi
4)
Pembelajaran
nonklasikal terutama dengan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler sebagai
implementasi dari pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran saintifik dan
pembelajaran melalui projek
e.
Pelaksanaan
Penilaian, meliputi:
1)
Penilaian oleh guru:
a)
Penilaian penguasaan pengetahuan
b)
Penialian produk pembelajaran
c)
Penilaian iklim pembelajaran
d)
Penulisan buku laporan pendidikan
(rapor)
Penilaian oleh siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar