Buku guru dan buku siswa merupakan salah satu sarana iImplementasiKurikulum Tahun 2013 dalam pembelajaran. Buku guru dan buku siswa telah disiapkan Pemerintah sesuai dengan Permendikbud no 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran (Buku Siswa) dan Buku Panduan Guru (Buku Guru).
Buku Guru merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa. Buku guru terdiri dari dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan buku siswa.
Buku siswa merupakan buku sumber belajar bagi siswa/peserta didik yang memuat: Judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan siswa baik ekperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Pada materi pelatihan ini Anda melakukan telaah dan analisis buku guru dan buku siswa terhadap kesesuaian dengan KI, dan KD, kecukupan dan kedalaman materi, serta kesesuaian pendekatan pembelajaran dan penilaian.
Kompetensi
1. Memahami isi materi, struktur, dan sistematika keilmuan materi pelajaran , strategi pembelajaran dan penilaian pada buku siswa dan buku guru
2. Menganalisis kesesuaian isi buku siswa dan buku guru dengan tuntutan SKL, KI, dan KD.
3. Mendeskripsikan kesesuaian isi buku siswa dan buku guru dengan pendekatan saintifik, standar proses dan standar penilaian
4. Mendeskripsikan buku guru dan buku siswa dari aspek kecukupan dan kedalaman materi.
5. Memahami strategi penggunaan buku guru dan buku siswa pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Menjelaskan isi materi, struktur, dan sistematika keilmuan materi pelajaran dan penilaian yang terdapat dalam buku siswa
2. Menjelaskan isi materi, struktur, strategi pelajaran dan penilaiannya yang terdapat dalam buku guru
3. Mengidentifikasi kesesuaian isi buku siswa dan buku guru dengan tuntutan SKL, KI, dan KD.
4. Menjelaskan alas an hasil identifikasi kesesuaian buku siswa dan buku guru dengan tuntutan SKL, KI, dan KD
5. Menganalisis kesesuaian isi buku siswa dengan pendekatan saintifik, standar proses dan standar penilaian
6. Menganalisis kesesuaian isi buku guru dengan pendekatan saintifik, standar proses dan standar penilaian
7. Menjelaskan kecukupan dan kedalaman materi pada buku guru dan buku siswa
8. Menjelaskan kesesuaian isi buku guru dengan buku siswa
9. Memberikan rekomendasi penggunaan buku guru atau buku siswa berdasarkan hasil analisis.
Langkah 1
Dalam kelompok mengkaji isi materi struktur, dan pola pikir keilmuan dalam buku guru dan buku siswa
Langkah 2
Menganalisis isi buku guru (LK-2.1) dan buku siswa (LK-2.2)
Langkah 3
Mendiskusikan hasil analisis buku guru dan buku siswa dalam kesesuaiannya dengan pendekatan saintifik dan standar proses
Langkah 4
Mendiskusikan hasil analisis buku guru dan buku siswa dalam kesesuaiannya dengan standar penilaian
Langkah 5
Mendiskusikan hasil analisis untuk membuat rekomendasi tentang penggunaan buku guru dan buku siswa
Langkah 6
Presentasi hasil analisis buku guru dan buku siswa
BUKU GURU DAN BUKU SISWA
Buku Guru dan buku siswa merupakan salah satu sarana iImplementasiKurikulum Tahun 2013 dalam pembelajaran. Buku Guru dan Buku Siswa telah disiapkan Pemerintah sesuai dengan Permendikbud nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.
A. Buku Guru
Buku Guru merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa. Buku Guru terdiri dari dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan Buku Siswa.
Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi tentang cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan, model dan metode, penjelasan tentang media dan sumber belajar serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa bab sesuai dengan materi pada Buku Siswa. Umumnya petunjuk khusus berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada bab tersebut. Pada umumnya bagian ini berisi : peta konsep untuk materi pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu dan rincian materi setiap tatap muka. Selanjutnya pada bagian ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari tujuan pembelajaran, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran. Bagian penilaian berisi informasi tentang teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Pada buku guru juga ada informasi bagaimana cara informasi komunikasi dengan Orangtua/Wali.
B. Buku Siswa
Buku Siswa merupakan buku sumber belajar bagi siswa/peserta didik yang memuat hal-hal berikut, yaitu: Judul bab, infomasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan siswa baik ekperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh peserta didik disarankan dimulai dengan membaca dan mengkaji bagian pengantar bab atau subbab, melakukan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan bagian untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
Buku Guru dan Buku Siswa merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran yang dipilih guru.
Buku Guru dan buku siswa merupakan salah satu sarana iImplementasiKurikulum Tahun 2013 dalam pembelajaran. Buku Guru dan Buku Siswa telah disiapkan Pemerintah sesuai dengan Permendikbud nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.
A. Buku Guru
Buku Guru merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa. Buku Guru terdiri dari dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan Buku Siswa.
Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi tentang cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan, model dan metode, penjelasan tentang media dan sumber belajar serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa bab sesuai dengan materi pada Buku Siswa. Umumnya petunjuk khusus berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada bab tersebut. Pada umumnya bagian ini berisi : peta konsep untuk materi pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu dan rincian materi setiap tatap muka. Selanjutnya pada bagian ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari tujuan pembelajaran, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran. Bagian penilaian berisi informasi tentang teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Pada buku guru juga ada informasi bagaimana cara informasi komunikasi dengan Orangtua/Wali.
B. Buku Siswa
Buku Siswa merupakan buku sumber belajar bagi siswa/peserta didik yang memuat hal-hal berikut, yaitu: Judul bab, infomasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan siswa baik ekperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh peserta didik disarankan dimulai dengan membaca dan mengkaji bagian pengantar bab atau subbab, melakukan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan bagian untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
Buku Guru dan Buku Siswa merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran yang dipilih guru.
ANALISIS BUKU GURU
DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs
Kompetensi:
1. Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2. Merencanakan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.
1. Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2. Merencanakan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.
Tujuan:
Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat:
1. mendeskripsikan isi Buku Guru yang sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
2. mendeskripsikan isi Buku Guru yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
3. menganalisis kesesuaian isi Buku Guru dan menentukan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis
Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat:
1. mendeskripsikan isi Buku Guru yang sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
2. mendeskripsikan isi Buku Guru yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
3. menganalisis kesesuaian isi Buku Guru dan menentukan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis
Petunjuk Kerja:
1. Kegiatan ini dikerjakan secara berkelompok. Anggota kelompok paling banyak 5 orang.
2. Siapkan SKL, KI dan KD Matematika SMP/MTs (terdapat pada Uraian Materi Pelatihan 1.2)
3. Siapkan Buku Guru (Buku Guru Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas VII dan VIII)
4. Setelah melakukan analisis Buku Guru dan Buku Siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara Buku Guru dan Buku Guru yang Anda analisis.
1. Kegiatan ini dikerjakan secara berkelompok. Anggota kelompok paling banyak 5 orang.
2. Siapkan SKL, KI dan KD Matematika SMP/MTs (terdapat pada Uraian Materi Pelatihan 1.2)
3. Siapkan Buku Guru (Buku Guru Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas VII dan VIII)
4. Setelah melakukan analisis Buku Guru dan Buku Siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara Buku Guru dan Buku Guru yang Anda analisis.
Langkah Kerja:
1. Pelajari format Analisis Buku Guru
2. Cermatilah Buku Guru yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya
3. Lakukanlah analisis terhadap Buku Guru dan tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
a. mendeskripsikan secara singkat isi buku sesuai dengan aspek kegiatan guru
b. memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
c. menuliskan alasan Anda memilih kualifikasi tersebut
4. Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis. Jika kurang/tidak sesuai, Anda disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan oleh pengguna Buku Guru tersebut.
1. Pelajari format Analisis Buku Guru
2. Cermatilah Buku Guru yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya
3. Lakukanlah analisis terhadap Buku Guru dan tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
a. mendeskripsikan secara singkat isi buku sesuai dengan aspek kegiatan guru
b. memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
c. menuliskan alasan Anda memilih kualifikasi tersebut
4. Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis. Jika kurang/tidak sesuai, Anda disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan oleh pengguna Buku Guru tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar